header-int

Program Unggulan Pondok

Sabtu, 15 Jan 2022, 09:22:55 WIB - 1272 View
Share

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre Sungailiat adalah lembaga pendidikan islam yang berada di bawah naungan Yayasan Bahrul Ulum Sungailiat. Selain pondok pesantren, terdapat dua lembaga pendidikan lainnya yang berada di bawah naungan yayasan tersebut yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Bahrul Ulum. Oleh karena itu, jika melihat structural ketiga lembaga tersebut yang secara hirarki berada di bawah naungan Yayasan Bahrul Ulum Sungailiat, maka sudah sepatutnya bahkan menjadi keharusan ketiga lembaga tersebut dalam merencanakan konsep dan merealisasikan program kegiatan harus mengacu kepada visi dan  misi Yayasan Bahrul Ulum Sungailiat. Begitu pun yang dilakukan oleh lembaga Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre dalam merencakanan  konsep dan implimentasi programnya yang memprioritaskan dan berasaskan pada visi dan misi Yayasan Bahrul Ulum Sungailiat. Adapun visi misi Yayasan Bahrul Ulum Sungailiat adalah sebagai berikut :

Visi :

Terbentuknya generasi yang mempuni ber – IPTEK dan IMTAQ untuk menata masa depan yang didukung oleh sumber daya manusia yang  berkualitas, memiliki keunggulan dan daya saing cerdas serta berkpribadian.

Misi :

  1. Mengupayakan pengamalan ajaran islam dalam segala bentuk kegiatan
  2. Menempatkan diri sebagai penggerak dan fisilitator kegiatan – kegiatan islami
  3. Bahu membahu untuk menimba ilmu pengetahuan dan teknologi yang sejalan dengan agama islam
  4. Menjadi contoh di dalam menciptakan ukhuwah islamiyah

Berdasarkan visi misi di atas, lembaga pondok pesantren menerjemahkan bahwa salah satu point penting dari visi misi Yayasan Bahrul Ulum Sungailiat adalah membentuk santri yang paripurna. Hal itu dimaksudkan agar para santri lulusan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre dapat berkiprah di masyarakat sesuai dengan nilai nilai agama dan norma hukum yang berlaku.

Terkait norma hukum yang berlaku di Indonesia, sejak tahun 2019 pemerintah bersama DPR telah mengesahkan undang undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren yang didalamnya telah mengatur secara umum perihal pondok pesantren seperti di atas, ruang lingkup, pendirian, penyelenggaraan, tujuan, dan unsur yang secara langsung menjadi acuan seluruh pondok pesantren di seluruh Indonesia. Begitupun dengan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre Sungailiat yang menjadikan Undang –Undang tersebut sebagai acuan dalam merencanakan program kepondok pesantrenan. Dalam Pasal 3 Undang-Undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren, pesantren diselenggarakan dengan tujuan :

  1. Membentuk individu yang unggul di berbagai bidang yang memahami dan mengamalkan nilai ajaran agamanya dan/atau menjadi ahli ilmu agama yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu, mandiri, tolong menolong, seimbang, dan moderat.
  2. Membentuk pemahaman agama dan keberagamaan yang moderat dan cinta tanah air serta membentuk perilaku yang mendorong terciptanya kerukunan hidup beragama dan
  3. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berdaya dalam memenuhi kebutuhan pendidikan warga Negara dan kesejahteraan social masyarakat.

Kemudian selanjutnya pada pasal 5 dalam Undang-Undang yang sama disebutkan bahwa “Pesantren harus memenuhi unsur paling sedikit : Kiyai yang bermukin di Pesantren, Pondok atau Asrama, Masjid atau Mushallah dan Kajian Kitab Kuning atau Dirosah Islamiyah dengan pola pendidikan Mu’allimin”. Maka berdasarkan pasal yang disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre Sungailiat sudah sejalan dengan amanat Undang-Undang yang berlaku. Namun demikian, perlu adanya penguatan pada materi dan refrensi seperti kajian kitab kuning  untuk menunjang keilmuan agama para santri agar nanti lulusan Pondok PesantreN Bahrul Ulum Islamic Centre dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan mampu mengaktualisasikan ilmunya sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Dewasa ini, untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman, para santri tidak hanya dituntut untuk satu kecapakan seperti penguasaan ilmu agam saja, tetapi juga harus menguasai beberapa kecakapan lainnya seperti kecakapan berbahasa asing, memiliki hafalan Al Qur’an, berjiwa kepemimpinan dan berjiwa kewirausahaan. Hal itu dimaksudkan agar para santri siap dalam menjawab tantangan dan tuntutan perkembangan zaman yang dinamis.

Oleh karena itu, dalam rangka mempersiapkan generasi penerus yang mampu menjawab urgensi di atas, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre Sungaiiat menetapkan lima standar kompetensi yang harus dimiliki oleh para santrinya.

Adapun kelima kompetensi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kompetensi Ilmu Agama
  2. Kompetensi Bahasa Asing
  3. Kompetensi Tahfidz Qur’an
  4. Kompetensi Leadership
  5. Kompetensi Enterprenuership

Bahrul Ulum YAYASAN BAHRUL ULUM
Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre
Jl. Matras Lama Sinar Jaya Jelutung Sungailiat - Bangka Provinsi Kepulauan Bangka belitung - Indonesia 33211
Email : info@bahrululumic.org Call Centre : 081392952965
© 2024 Pondok Pesantren Bahrul Ulum Follow us on : Facebook Twitter Linked Youtube